Thursday, February 20, 2014




Bagaimana Perbandingan Windows 7 32-bit dan 64-bit ? Demikianlah judul artikel yang pernah saya tulis beberapa waktu yang lalu. Kali ini kita akan melanjutkan perbandingan antara windows 7 32-bit dan 64-bit tetapi dalam versi tanya jawab yang sederhana. Ini saya tulis kembali karena banyaknya pertanyaan yang masuk lewat email yang menyampaikan kebingungan mengenai pilihan mengintall windows 7 32-bit ataukah versi 64-bit. Dengan artikel ini moga-moga pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak akan muncul kembali.
Berikut adalah jawaban atas beberapa pertanyaan umum tentang Windows 7 versi 32-bit dan 64-bit;
  1. Apa perbedaan antara Windows 7 versi 32-bit dan 64-bit? Jawab ; Istilah 32-bit dan 64-bit mengacu pada cara prosesor komputer (juga disebut CPU), menangani informasi. Versi 64-bit Windows menangani sejumlah besar random access memory (RAM) lebih efektif daripada sistem 32-bit.
  2. Bagaimana cara mengetahui apakah komputer saya menjalankan Windows versi 32-bit atau 64-bit? Jawab; Untuk mengetahui apakah komputer Anda menggunakan Windows versi 32-bit atau 64-bit pada Windows 7 atau Windows Vista, lakukan hal berikut: (1). Klik kanan ikon [Computer], dan kemudian klik [Properties]. (2). Pada kolom [System], Anda dapat melihat jenis sistem yang Anda gunakan.
  3. Versi Windows 7 mana yang harus saya instal: versi 32-bit atau versi 64-bit? Jawab; Untuk menginstal versi 64-bit Windows 7, Anda membutuhkan CPU yang mampu menjalankan Windows versi 64-bit. Manfaat menggunakan sistem operasi 64-bit yang paling jelas bila Anda memiliki memori besar (RAM) pada komputer Anda, biasanya 4 GB RAM atau lebih. Dalam kasus tersebut, karena sistem operasi 64-bit membutuhkan sejumlah besar memori yang lebih efisien daripada sistem operasi 32-bit, maka sistem 64-bit bisa lebih responsif ketika menjalankan beberapa program pada saat yang sama daripada versi windows yang lebih rendah.
  4. Bagaimana cara mengetahui apakah komputer saya dapat menjalankan versi 64-bit Windows? Jawab; Untuk menjalankan versi 64-bit Windows, komputer Anda harus memiliki prosesor capable 64-bit. Untuk mengetahui apakah prosesor Anda adalah capable Windows 7 64-bit atau Windows Vista, lakukan hal berikut: (1). Buka [Performance Information and Tools] pada Control Panel. (2). Dari jendela [Performance Information and Tools] silakan klik [View and print detailed performance and system information] (3). Pada bagian System, Anda dapat melihat apa jenis sistem operasi yang sedang Anda gunakan dan apakah Anda dapat upgrade ke Windows versi 64-bit atau tidak dapat. Untuk penggunak XP mendownload Windows Upgrade Advisor dan menjalankannya agar program ini memberitahu Anda.
  5. Dapatkah saya melakukan upgrade dari Windows versi 32-bit ke Windows 7 versi 64-bit atau dari versi 64-bit Windows 7 untuk Windows versi 32-bit? Jawab; Anda dapat menggunakan opsi Upgrade selama instalasi Windows 7, yang menyimpan file Anda, setting, dan program, hanya jika Anda sedang menjalankan versi 32-bit Windows Vista dan Anda ingin meng-upgrade ke versi 32-bit Windows 7 . Demikian pula, jika Anda menjalankan versi 64-bit Windows Vista, Anda hanya dapat melakukan upgrade ke versi 64-bit Windows 7. Sesungguhnya bisa saja terbalik tetapi tidak dapat dikerjakan oleh teknisi pemula.
  6. Dapatkah saya menjalankan program 32-bit pada komputer 64-bit? Jawab; Kebanyakan program didesain untuk versi 32-bit Windows akan bekerja pada versi 64-bit Windows. Tetapi pengecualian pada banyak program antivirus yang tidak mampu.
  7. Dapatkah saya menjalankan program 64-bit pada komputer 32-bit? Jawab; Jika program dirancang khusus untuk versi 64-bit Windows, tidak akan bekerja pada versi 32-bit Windows. (Namun, sebagian besar program dirancang untuk versi 32-bit Windows dapat juga bekerja pada versi 64-bit Windows). Namun Device driver yang dirancang untuk versi 64-bit Windows tidak bekerja pada komputer yang menjalankan versi 32-bit Windows. Untuk mempelajari cara untuk memeriksa driver, lihat Update driver untuk hardware yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau kunjungi situs web produsen perangkat tersebut. Anda juga dapat memperoleh informasi ini dengan menggunakan Windows Upgrade Advisor.
  8. Bagaimana saya dapat menemukan program-program dan perangkat yang bekerja dengan versi 64-bit Windows 7? Jawab; Untuk mencari program dan perangkat yang bekerja dengan Windows 7, carilah produk yang menampilkan logo ” Compatible with Windows 7 “. Mereka sudah diuji agar kompatibel dengan 32-bit dan versi 64-bit Windows 7.
  9. Jika saya menjalankan versi 64-bit Windows, apakah saya perlu driver 64-bit untuk setiap perangkat keras saya? Jawab; Ya, Semua perangkat keras membutuhkan driver 64-bit untuk bekerja pada versi 64-bit Windows. Driver dirancang untuk versi 32-bit Windows tidak bekerja pada komputer yang menjalankan versi 64-bit Windows.

0 komentar:

Pengunjung

Followers

Featured Posts

Popular Posts

like fanspage